KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR MADRASAH
BERSTANDAR NASIONAL
(UAMBN)
Satuan Pendidikan
:
Madrasah Tsanawiyah Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadis Jumlah Soal :
50 Butir
Kurikulum :
Standar
Isi Alokasi Waktu :
90 Menit
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
1.
|
Memahami dan mencintai Al-Qur’an
dan Hadis sebagai
pedoman hidup
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan
fungsi al-Qur'an dan al-Hadis
1.2 Menjelaskan cara-
cara menfungsikan
al-Qur'an dan al-
Hadis
1.3 Menerapkan al-
Qur'an sebagai
pedoman hidup umat
Islam
|
Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman
hidup
|
Ø
Menjelaskan pengertian alquran menurut
bahasa
Ø
Disajikan ayat
QS.al-baqarah 185, siswa dapat
menunjukkan
salah satu fungsi
al-qur’an
Ø
Disajikan matan hadis, siswa dapat
menunjukkan
salah satu
fungsi hadis
Ø Menunjukkan cara memfungsikan al-qur’an dan
hadis dalam kehidupan sehari-hari
Ø Disajikan ilustrasi, siswa dapat
menunjukkan contoh penerapan al-qur,an sebagai pedoman hidup
|
|
|
2.1 Menjelaskan perilaku
orang yang mencintai al-Qur'an dan al- Hadis
|
mencintai
Al-Qur’an
dan
Hadis
|
Ø Menunjukkan salah satu
perilaku orang yang mencintai al-qur’an
|
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
2
|
Meningkatkan pemahaman
al-Qur’an Al- Fatihah, dan surat-surat pilihan yang telah dihafal
di SD/MI melalui upaya penerapan
cara membacanya,
menangkap maknanya,
memahami kandungan
isinya, dan
mengaitkannya
dengan fenomena kehidupan
|
3.1 Memahami
isi kandungan QS al- Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-
Ikhlaas tentang
tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah
3.2 Menerapkan
kandungan QS al-
Faatihah, an-Naas,
al-Falaq dan al- Ikhlaas dalam
kehidupan sehari-
hari
|
tauhiid Rubuubiyah
dan Uluuhiyyah
|
Ø
Menunjukkan salah satu ayat dalam surat An- Nas
yang mengandung
tauhid uluhiyyah
Ø
Menunjukkan ayat dalam surat al-Fatihah
yang
mengandung tauhid rububiyah
Ø Disajikan salah satu
ayat dalam surat al-
Fatihah ayat 5, siswa dapat
menunjukkan contoh penerapan ayat tersebut dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
1.1 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah,
tafkhim, dan mad
‘aridh
lissukun dalam
al-Qur’an
1.2 Menerapkan hukum bacaan nun mati,
dan mim mati dalam al-Qur'an
|
Penerapan hukum tajwid
|
Ø
Disajikan potongan ayat, siswa
dapat menunjukan hukum bacaan qalqalah
Ø
Menunjukan contoh bacaan
Ra’ tafkhim
Ø Menujukkan contoh hukum bacaan Idzhar halqi
Ø Disajikan salah satu
ayat surah AzZalzalah, siswa dapat menunjukkan
hukum bacaan Nun mati
atau tanwin
Menunjukkan hukum
bacaan ikhfa syafawi
Disajikan potongan ayat siswa dapat
menentukan hukum bacaan
mim
sukun
Ø
Disajikan beberapa contoh hokum bacaan mim sukun, siswa menunjukkan hokum bacaan
idzhar syafawi
|
|
|
|
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
Memahami isi kandungan QS al-
Lahab dan an- Nashr
tentang problematika dakwah
|
Problematika Dakwah
|
Ø Menerjemahkan surat an-Nashr ayat 1
Ø Menjelaskan asbabun nuzul
surat al-Lahab Menunjukkan sikap yang
harus dihindari
menurut surat
al-Lahab
Ø Disajikan ayat surat
an-Nashr ayat 3 siswa
dapat menunjukkan isi kandungannya
|
|
|
Memahami isi kandungan QS al-
Kafirun dan al-
Bayyinah tentang
toleransi
|
Toleransi dalam
kehidupan
|
Ø
Menunjukkan ayat dalam surat al-kafirun
tentang
tasamuh atau toleransi
Ø Menerjemahkan salah satu ayat Q.S al-Kafirun
Menjelaskan asbabun Nuzul surat al-kafirun Menjelaskan sikap fanatik orang-orang kafir
menurut surat
al-Bayyinah
1 - 2
|
|
|
Menerapkan hukum mad silah dalam QS
al-Qaari’ah dan al-
Zalzalah
Menerapkan hukum
mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan
Farqi dalam al- Qur'an
|
Hukum bacaan mad
|
Ø Disajikan potongan ayat
yang mengandung bacaan mad silah thawilah, siswa
dapat menentukan panjang bacaan
madnya Menentukan contoh bacaan
mad silah qasirah
Disajikan potongan ayat, siswa dapat
menentukan hukum bacaan
mad lazim
Musqal kilmi
|
|
|
3.1 Memahami isi
kandungan QS al-
Kautsar dan al-
|
Kepedulian sosial
|
Ø
Menentukan arti
lafadz yang bergaris bawah dalam surah al-kautsar
Ø Menentukan lafal
ayat yang mengandung
sikap
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
Maa’un tentang
kepedulian sosial
3.2 Memahami keterkaitan isi
kandungan QS al-
Kautsar dan al-
Maa’un tentang
kepedulian sosial
dalam fenomena
kehidupan
|
|
kepedulian sosial
Ø
Menentukan orang-orang yang termasuk pendusta agama menurut surah al-maun
Ø Menjelaskan keterkaitan surat al-kautsar
dengan surat al-maun
|
|
|
2.1 Memahami isi kandungan QS al-
Qaari’ah dan
al- Zalzalah tentang
hukum fenomena alam
2.2 Menerapkan kandungan al-
Qaari’ah, al-Zalzalah
dalam fenomena kehidupan sehari- hari dan akibatnya
|
Hukum alam
|
Ø
Menunjukkan fenomena pada saat
terjadinya hari kiamat menurut
surah al-qari’ah
Ø
Disajikan terjemah salah satu
ayat dalam surah al-qariah,
siswa dapat menentukan lafal ayatnya
Ø Menunjukkan contoh penerapan kandungan
surah al-qariah dan az-zalzalah dalam kehidupan
|
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
Memahami isi kandungan
QS
al-Ashr
dan al-‘Alaq
tentang menghargai
waktu dan
menuntut ilmu
Menerapkan kandungan
QS
al-Ashr dan al-‘Alaq
tentang menghargai waktu
dan menuntut
ilmu dalam fenomena kehidupan sehari-hari
|
Ayat-ayat al-qur’an
tentang
menuntut
ilmu dan menghargai
waktu
|
Ø Menyebutkan orang-orang yang tidak mengalami kerugian menurut surat al-Ashr
Ø Menjelaskan isi kandungan
surat al-Ashr
Ø Menunjukkan contoh perilaku
yang
sesuai dengan isi kandungan surat
al-alaq
|
3
|
Menghafal dan memahami
makna hadis-hadis yang terkait dengan tema
isi kandungan surat
atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak
|
4.1
Menulis hadis
tentang tolong-
menolong
dan mencintai anak yatim
4.2 Menerjemahkan
makna hadis tentang tolong-menolong
dan
mencintai anak yatim
4.3
Menghafal
hadis tentang tolong- menolong dan mencintai anak yatim
|
hadis tentang tolong-
menolong
dan mencintai anak yatim
|
Ø
Melanjutkan matan
hadis tentang tolong menolong
Ø
Disajikan potongan hadis tentang tolong menolong, siswa dapat
menerjemahkannya
Ø Disajikan matan hadis secara acak,
siswa dapat menyusunnya
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
3.1
Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.2 Menerjemahkan
makna hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.3 Menghafal hadis tentang keseimbangan
hidupa di dunia
dan akhirat
|
hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
|
Ø
Disajikan hadis riwayat ibnu
asakir, siswa
dapat melanjutkannya
Ø
disajikan potongan hadis siswa
dapat menterjemahkan lafadz yang bergaris bawah
Ø
disajikan matan hadis riwayat Muslim siswa dapat menyusunnya
Ø menujukan sikap hidup yang sesuai dengan isi kandungan hadis riwayat ibnu
asakir
|
|
|
3.1 Menulis hadis tentang menjaga
dan melestarikan lingkungan alam
3.2 Menerjemahkan
makna hadis tentang menjaga dan melestarikan
lingkungan alam
3.3 Menghafal hadis tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan alam
|
Menjaga kelestarian
alam
|
Ø
Disajikan potongan hadis riwayat at-tirmidzi,
siswa dapat melanjutkannya
Ø
Disajikan matan hadis riwayat al-bazari, siswa dapat menyimpulkannya
Ø
Menunjukkan salah satu contoh perilaku
menjaga kelestarian alam hewani
Ø Disajikan matan hadis riwayat ibnu
majah secara acak,
siswa dapat menyusunnya
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
4.1 Menulis hadis tentang iman
dan ibadah
4.2 Menerjemahkan makna hadis tentang
iman dan ibadah
|
|
Ø Disajikan Hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah, siswa dapat melanjutkannya
Ø Menunjukkan contoh amalan dalam
kehidupan
yang sesuai
dengan Hadis
tentang
ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah
|